1. Alat dan Bahan [Kembali]

1. Arduino Uno
Gambar 1. Arduino Uno
memudahkan penggunanya dalam mengendalikan komponen elektronika dengan program 

2. Keypad

Gambar 2. Keypad

 Keypad Matriks adalah tombol-tombol yang disusun secara maktriks (baris x kolom) sehingga dapat mengurangi penggunaan pin input. Sebagai contoh, Keypad Matriks 4×4 cukup menggunakan 8 pin untuk 16 tombol. 

3. Bread Board

Gambar 3. Bread Board

Breadboard merupakan sebuah board atau papan yang berfungsi untuk merancang sebuah rangkaian elektronik sederhana. 

4. Jumper

Gambar 4. Jumper

Kabel jumper adalah kabel elektrik yang memiliki pin konektor di setiap ujungnya dan memungkinkanmu untuk menghubungkan dua komponen yang melibatkan Arduino tanpa memerlukan solder. 


5. Potensiometer

Gambar 5. Potensiometer

    Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. Jika hanya dua terminal yang digunakan, potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat,  berfungsi untuk mengatur resistensi, tegangan, dan juga arus litrik yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik


6. LCD
Gambar 6. LCD

 LCD (Liquid Crystal Display) adalah salah satu jenis display elektronik yang bekerja dengan menggunakan liquid crystal sebagai media untuk merefleksikan cahaya. 


7. Software Arduino IDE
Gambar 7. Arduino IDE
Tempat membuat program dan menjalankannya agar arduino memproses data tersebut.


3. Rangkaian Simulasi [Kembali]


4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]
    Pada praktikum modul 1 ini, kami melakukan percobaan 3 dengan 3 kondisi. Pada kondisi pertama LCD akan menampilkan nama dari FITO, RAMA, DAN ARZI ketika keypad 4, 5, dan 6 ditekan. Hal ini dilakukan dengan mengganti pada program bagian if diisi dengan key==='4' kemudian pada anggota if tersebut diisi lcd.print("FITO"), kemudian di if selnajutnya diisi key=='5' dan pada anggota if tersebut diisi dengan lcd.print("RAMA") begitu pula yang 6. Maka ketika tombol 4 ditekan, nama FITO akan ditampilkan pada LCD, kemudian ketika tombol 5 ditekan nama Rama akan ditampilkan pada LCD, dan begitu pula angka 6 akan menampilkan nama ARZI.
    Selanjutnya pada kondisi 2 yaitu menambahkan clear ketika angka 0 ditekan. yaitu dengan cara kita membuat fungsi if dimana pada anggotanya diisi dengan lcd.clear(). maka ketika angka 0 ditekan nama yang ditampilkan pada LCD akan terhapus (tereset). Jadi angka 0 dapat membersihkan ketika kita selesai menulis pada LCD.
    Yang terakhir adalah apabila kita menulis nama kita, maka tulisan tersebut akan bergeser ke kanan. yaitu dengan cara membuat program seperti berikut agar dapat bergeser dari kiri ke kanan pada display LCD.
if(key) {
  lcd.scrollDisplayRight();
}
 
5. Video Rangkaian [Kembali]


1. Apa yang terjadi jika pin kolom pada keypad dideklarasikan sebagai output dan pin baris sebagai input dan Jelaskan yang terjadi dan penyebabnya.
Jawab:
Maka pin baris hanya akan dibaca yang mana ketika pin baris ditekan maka pin kolom yang sebagai output akan ditampilkan pada LCD. Hal ini diakreanakan fungsi dari input hanya untuk dibaca saja dan pada pin output digunakan untuk menghasilkan keluaran yang bisa memakai input ataupun tidak memakai input.

2. Apa yang terjadi jika pin 15 dan 16 LCD tidak dihubungkan? Jelaskan apa yang terjadi dan penyebabnya.
Jawab:

LCD tidak dapat menyala karena anoda dan katoda merupakan tegangan positif dan negatif yang mana akan dihubungkan ke breadboard. ketika tidak ada tegangan yang mengalir maka LCD tidak dapat menyala.


7. Link Download[Kembali]

HTML Link
Listing Program Link
Video Simulasi Link
Arduino Uno datasheet Link
Keypad datasheet Link
LCD datasheet Link



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM DIGITAL Nama: Ramadhani NIM: 2010951036 Dosen Pengampu ; Darwison,M.T Referensi: a. Chang, R. and Goldsby, K.A.(2016), chemistr...